Sebagai seorang mahasiswa, belajar menjadi bagian dari kehidupan perkuliahan. Belajar merupakan salah satu rutinitas mahasiswa yang sangat penting tetapi berat untuk dikerjakan. Permasalahan malas belajar ini sepertinya hampir dialami oleh setiap pelajar yang sering berkutat pada pelajaran dan buku di kampus. Terkadang gawai dan aktivitas lainnya lebih menarik perhatian kita dibanding belajar untuk menambah ilmu dan tentunya untuk menghadapi ujian mendatang. Oleh karena itulah, sangat penting untuk mengatasi rasa malas belajar dan mulai mencari cara untuk mengatasi hal tersebut.

Sebelum memulai belajar, buatlah pemikiran kamu bahwa hal ini tidak akan menjadi perjalanan yang mudah. Namun, ingatlah bahwa semua orang sukses suka belajar dan tentu saja mereka mengalami fase sulit untuk melalui rasa malas belajar. Apabila kamu telah membangun mindset yang baik maka selamat kamu telah setengah jalan menuju kesuksesan.

Sekarang kita akan bahas beberapa life hacks yang tentunya easy peasy untuk mengatasi timbulnya rasa malas saat belajar.

  • Selalu bawa botol berisi air minum sebagai teman pendamping belajarmu, minum air dapat meningkatkan fokus kita saat belajar.
  • Selalu buat jadwal belajar dan patuhi agar lebih teratur.
  • Kamu dapat belajar sambil mendengarkan musik kesukaanmu sebagai permulaan belajar dan setelah beberapa waktu kamu bisa menghentikan musikmu lalu fokus untuk belajar materi.
  • Jangan paksa dirimu untuk terus belajar, beri 1,5-2 jam untuk istirahat atau tergantung dengan pribadi masing-masing.
  • Atur timer saat kamu belajar, hal ini apabila biasa dilakukan akan menjadi hal yang sangat baik.
  • Simpan stabilo agar kamu mudah menandai yang penting, kamu juga dapat menggunakan highlight text untuk soft file.
  • Pertahankan semangat dengan membuat pemikiran bahwa kita akan sukses dengan belajar dan tidak lupa juga disertai dengan doa dan usaha lainnya.