man, writing, laptop-2562325.jpg

Saat artikel ini dibuat, dunia masih mengalami pandemi COVID-19 yang tak kunjung usai. Hal ini berdampak besar di segala sektor, contohnya sektor pendidikan. Para pelajar dituntut untuk belajar mandiri dan segala kegiatan mengajar dilakukan secara daring di rumah masing-masing dengan menggunakan berbagai platform meeting online.

Terkadang belajar sendirian di rumah membuat kita malas dan tidak bersemangat. Ditambah saat kuliah daring, pengawasan terhadap oleh pengajar sangatlah minim sehingga saat kuliah berlangsung para mahasiswa dapat dengan mudah melakukan aktivitas lain dan tidak fokus dengan materi yang disampaikan.

Berikut cara agar kamu tetap fokus dan semangat menjalani kuliah daring.

Persiapkan Dirimu Layaknya akan Pergi ke Kampus

Awali pagimu dengan mandi dan sarapan sebagai pemanasan sebelum beraktivitas. Tubuh akan secara otomatis memprogram bahwa kamu sudah siap untuk melakukan aktivitas selanjutnya. Jangan lupa juga untuk menggunakan pakaian yang rapi layaknya kuliah luring.

Sediakan Minuman dan Camilan

Salah satu hal yang tidak akan kamu rasakan saat mengikuti kuliah luring adalah kamu dapat makan dan minum sesukamu selama kelas berlangsung. Maka dari itu manfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin untuk menambah energi kamu agar tetap fokus dalam pembelajaran.

Tetap Duduk di Kursimu

Walaupun dilakukan secara daring dan di rumah saja, esensi kuliah tetaplah sama. Kamu harus duduk dengan posisi baik di tempat duduk, Bukan rebahan di kasur atau di lantai.

Atur Ruanganmu Senyaman Mungkin

Ruangan yang bersih dan rapi akan meningkatkan mood kamu sehingga kamu bisa fokus belajar.

Usahakan Aktif dalam Kelas

Ketika kamu aktif saat kuliah berlangsung, tidak hanya kesan baik dari dosen yang kamu dapatkan, tetapi kamu juga akan merasa seperti kuliah luring dan tentu saja semangat kamu saat kuliah akan stabil.

Jangan Lupa untuk Mencatat Materi

Kamu bisa membuat catatan tentang materi. Dengan begitu, artinya kamu telah fokus selama perkuliahan berlangsung.

Pastikan Koneksi Internetmu Lancar

Masalah yang paling banyak terjadi saat kuliah daring adalah koneksi internet. Jika koneksi internet kamu terputus-putus saat perkuliahan berlangsung, ini akan menurunkan mood kamu. Usahakan kamu mendaftar bantuan kuota internet dengan provider terbaik dan kamu juga bisa membeli paket data yang khusus untuk belajar.